4 Wisata Indonesia Yang Tersembunyi dengan Keindahannya Luar biasa

Banyak destinasi wisata yang indah di indonesia yang belum banyak diketahui orang terutama destinasi wisata didaerah daerah yang belum terjamahkan tetapi terdapat keindahan didalamnya, hal ini dikarenakan belum terpublikasikan objek tersebut baik dari sosial media dan juga dari mulut ke mulut, sehingga orang tidak tau ada destinasi surga tersembunyi yang indah yang harus dikunjungi.
Berikut daftar destinasi wisata tersembunyi yang harus anda kunjungi :

1. Goa Kelelawar (Desa Tebing Tinggi) Jambi, Kecamatan danau kerinci





Dinamakan goa kelelawar karna goa tersebut memang belum ada nama tapi karna banyaknya habitat Kelelawar di dalam goa tersebut makanya goa ini dinamakan demikian.


Jarak desa tebing tinggi dari pusat kota Sungai penuh dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat dari pusat kota sekitar 15 km,20 menit perjalanan hingga sampai di desa tebing tinggi dan dari desa tebing tinggi kita akan melakukan perjalanan trecking menempuh waktu 1 jam hingga sampai ke goa tersebut.kita akan di suguhi pemandangan alam yg sangat menarik menjelang sampai ke tujuan dengan deretan pohon karet bunga bunga alami yg tumbuh di sepanjang jalan menuju goa tersebut dan kita juga bisa mendengar kicauan burung2 yang beraneka ragam dan kita juga bisa melakukan pengamatan burung di sepanjang jalur,setiba di bibir goa kesan mistik akan terasa dan memacu adrenalin kita karna kita akan di sambut oleh bising suara kelelawar dan kelelawar tersebut akan berterbangan karna merasa terusik oleh kedatangan kita,belum ada yg tahu berapa panjang dan tembus kemana goa tersebut menurut cerita tetua2 disana beraneka ragam ada yg mengatakan bahwa goa tersebut akan tembus ke jambi,ada pula yg mengatakan gia tersebut berujung di sebuah sungai yg hilang,dan ada juga yg mangatakan goa tersebut tenbusnya kedanau kerinci,beraneka ragam cerita masyarakat mengenai goa tersebut kesan mistisnya ada yg mengatakan dahulunya kalo ada masyarakat yang buag air kecil di sekitaran goa tersebut maka orang itu tidak akan bisa lagi buang air kecil selamanya kalo tidak segera di obati oleh paranormal.

2. Danau Kaco (Desa Lempur) Jambi, Kecamatan Gunung Raya.






Danau Kaco, masyarakat setempat menyebutnya yang dalam bahasa Indonesia berarti kaca. Danau kaco memang mempunyai air yang sangat bening kebiruan. Terletak di kentinggian 1289 diatas permukaan air laut, danau ini tergolong danau yang kecil tidak seperti danau-danau pada umumnya. Hanya berukuran luas sekitar 30 x 30 meter, namun danau ini bisa menyuguhkan keindahan tersendiri diantara pepohonan di sekitarnya.

Selain mempunyai air yang sangat bening, kedalaman danau ini masih misteri dan belum ada yang tau pasti berapa kedalamanya. Walaupun kita masih bisa melihat beberapa ikan semah yang berlalu lalang mencari makan. Keajaiban lainnya adalah Danau Kaco ini memancarkan cahaya yang terang saat gelap gulita, apalagi saat bulan purnama. Kebanyakan pengunjung banyak yang bermalam untuk melihat keajaiban ini dan tidak diperlukan penerangan karena terang dari cahaya danau. Beberapa peneliti mencoba untuk mencari jawaban akan fenomena ini, tetapi semua masih misterius dimana dalam penyelaman oksigen habis sebelum menyentuh dasar danau.


Sedikit cerita dari warga setempat. Mitos lahirnya Danau Kaco ini bermula hadirnya sebuah cerita seorang putri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Tanpa ragu mereka menitipkan bebatuan mulia pada Raja Gagak, ayah sang putri. Akan tetapi, keserakahan justru membuat Raja Gagak menodai putrinya sendiri. Setelah itu, putrinya pun dibenamkan ke dalam danau beserta harta pinangan tersebut.


Untuk menuju ke Danau Kaco ini terbilang tidaklah mudah. Tidak adanya jalan aspal yang lebar ataupun tempat berteduh yang nyaman selama perjalanan. Akan butuh tenaga ekstra untuk mencapai ke danau ini. Pengunjung akan berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 4 jam perjalanan, tetntunya dengan keindahan yang mengiringi perjalanan seperti pepohonan besar, suara burung-burung endemik ataupun kupu-kupu nan cantik. Selain pepohonan besar dan rimbun, pengunjung juga akan melewati rimbunya pohon bambu dan menyeberangi sungai dengan air yang jernih. Dan tentunya semua itu akan terbayarkan dengan keindahan Danau Kaco yang seindah mutiara.


3. Danau Gunung Tujuh (Desa Pelompek) Jambi, Kecamatan Ayu Aro





Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.


Karena letaknya di atas gunung, menjadikan suasana danau masih asri dan alami. Udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya. Selain sebagai tempat melepas penat dan bersantai, danau ini juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian nelayan setempat.


Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.


Danau gunung tujuh memiliki luas sekira 12.000 m² dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional kerinci Seblat (TNKS) sehingga di sini Anda berkesempatan untuk mendakinya selepas mengunjungi danau ini.


Dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).


4. Air Terjun (Desa Talang Kamulun) Jambi, Kecamatan Kelling Danau




Kerinci merupakan daerah paling barat provinsi Jambi dengan jarak lebih kurang 500 KM dan waktu tempuh lebih kurang 8 jam perjalan dari Kota Jambi. Kerinci merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki banyak potensi objek wisata alam yang indah tersebar diberbagai tempat dalam wilayah Kabupaten maupun Kota dalam wilayah Alam Kerinci diantaranya adalah objek wisata Gunung Kerinci, Kebun Teh, Danau Kerinci, Danau Kaco, bukit Khayangan serta Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) renah kayu embun dan didaerah pegunungan banyak terdapat air terjun serta Goa yang merupakan anugrah Tuhan yang menakjub dan mempesona.

Air terjun Talang Kemulun berada dalam kawasan hutan TNKS yang masih alami dan lebat dengan jarak tempuh lebih kurang 21 KM dari Kota Sungai Penuh dan waktu tempuh lebih kurang 30 Menit sampai di Desa Sangaran Agung.

air terjun tersebut masih sangat alami dan tersembunyi dalam hutan bukit kemulun, air terjun tersebut belum banyak di ketahui oleh wisatawan, jalan menuju kesana masih semak belukar. Setelah penulis membuat artikel blog promosi, kunjungan wisatawan kesana meningkat dengan drastis. Sekarang Air terjun talang kemulun cukup banyak pengunjungnya, dengan nuansa wisata petualang karena untuk sampai kesana berjalan kaki dari desa talang kemulun.


Tag : Surga tersembunyi, Goa kelelawar, Danau Kaco, Objek Wisata, Destinasi Indonesia

0 Response to "4 Wisata Indonesia Yang Tersembunyi dengan Keindahannya Luar biasa"