Apa Itu Bokeh Pada Fotograpi ?

Bokeh adalah kata yang berasal dari bahasa Jepang yang artinya area tidak fokus dalam suatu gambar atau yang lazim kita sebut dengan blur. Bokeh tidak harus berbentuk bulat atau polygon, semua area tidak fokus/blur juga disebut dengan bokeh. Ada cara sederhana untuk memperkirakan bagaimana kira-kira tampilan bokeh pada gambar yang akan dihasilkan yakni dengan membelalakkan mata selebar-lebarnya, sehingga pandangan kita akan blur. 

http://www.juruinfo.com/

Berikut langlah langkah membuat foto bokeh yang bagus : 

 

1. Pertama Yang harus dipersiapkan lensa dengan kualitas optik yang bagus

http://www.juruinfo.com/

Lensa merupakan faktor penting demi terbentuknya Kualitas bokeh dan juga sangat dipengaruhi oleh kualitas optik lensa yang kita pakai. Katakanlah anda memilik dua lensa yang focal length maksimalnya sama, contoh: lensa 18–20mm/f5.6 dan lensa 70–200mm/f2.8, karena kualitas optik lensa 70–200mm (biasanya) jauh lebih superior dibandingkan lensa 18–200mm (sehingga harganya juga berlipat-lipat lebih mahal). Maka gunakan lensa 70–200mm tadi, dan sebisa mungkin pakailah di aperture f/2.8.

2. Jauhkan objek utama dari Background

http://www.juruinfo.com/

Maksudnya disini adalah Jarak objek dengan background juga akan mempengaruhi jumlah bokeh, jadi jika kita menjauhkan objek dengan background maka bokeh akan lebih banyak terbentuk, sebaliknya jika mendekatkan objek dengan background maka bokeh akan semakin minim. kasus ini banyak dipakai dalam foto portrait ketika objek berjarak sangat dekat dengan background maka objek tidak akan terisolasi oleh blur, sehingga perlu menjauhkannya.

3. Saat Memotret Mendekatlah ke objek

http://www.juruinfo.com/

Ini gunanya agar semakin dekat jarak antara lensa ke objek maka akan semakin lebar area bokeh, sebaliknya semakin jauh jarak antara lensa dengan objek maka akan semakin sempit area bokeh. Semakin dekat ke objek memang bisa mendistorsi bentuk asli(misalkan wajah manusia) jadi kita perlu waspada. Dalam fotografi makro kita akan sering menggunakan bukaan aperture lebih sempit dikarenakan kita akan sering mendekati subjek sehingga walaupun menggunakan bukaan aperture sempit area blur akan nampak lebar. Untuk melakukan fokus pada jarak sangat dekat biasanya disiasati menggunakan fokus manual karena fitur auto fokus seringkali kebingungan untuk menentukan titik fokus.

4. Gunakan aperture besar atau lebar

http://www.juruinfo.com/

Bokeh berasal dari lensa bukan dari kamera. Oleh karena itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah setting aperture lensa anda pada bukaan yang besar (terbesar yang diijinkan situasi pemotretan – aperture maksimal). Anda bisa melakukannya dengan menggunakan mode Aperture Priority dan mengubah f kedalam nilai terkecil (putar ring aperture berlawanan arah jarum jam). 
Dalam settingan ini secara praktis kita menurunkan depth of field menjadi shallow/dangkal.

5. Menggunakan (focal length) yang panjang

http://www.juruinfo.com/

Saat anda memakai lensa zoom, gunakan focal length terpanjang untuk makin memisahkan obyek utama dengan background-nya. Sebagai contoh: saat anda menggunakan lensa maut 70–200 mm, set focal length di posisi 200mm untuk menghasilkan bokeh yang bagus.
Kalau di tas anda tersimpan lensa 300mm, lensa 18–200mm, lensa 14–24mm, pilihlah lensa terpanjang (300mm) kalau tujuan anda menghasilkamn foto bokeh yang maut.

6. Pencahayaan pada objek

http://www.juruinfo.com/

 

Artinya saat memotret objek kita harus memastikan objek utama tersebut lebih terang dari backgrond hal ini dikarnakan agar hasil bokeh di foto anda nampak jelas, dan dari objek utama yang ingin kita tonjolkan kan agar terlihat jelas dari latar belakang.

7. Kontras saat memotret

http://www.juruinfo.com/

Kontras atau perbedaan gelap dan terang mampu menghasilkan bokeh yang baik, terasuk juga perbedaan warna yang kontras. Sebagai malam hari akan memberikan kontras kepada lampu lampu jalan sehingga nampak gemerlap, atau cahaya yang menembus sela-sela pepohonan yang rindang juga mampu menghasilkan bokeh yang baik.

0 Response to "Apa Itu Bokeh Pada Fotograpi ?"